Senin, 25 Mei 2015

Tips memilih Sayur dan Buah yang segar

Tips memilih Sayur dan Buah yang segar


tips-memilih-buah-dan-sayur-dari-maheswari-catering-jogjaKebutuhan nutrisi bagi tubuh sejatinya adalah satu keharusan,  salah satu sumber nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan  tubuh kita adalah dengan dengan mengkonsumsi sayur dan buah. 
Nah.. disini kita memberikan tips bagaimana memilih sayuran dan buah-buahan yang baik dan tentunya dengan harpan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita secara maksimal.

Untuk memilih sayuran yang baik (layak dikonsumsi) adalah dengan memperhatikan ciri sayur tersebut ;


  1. Perhatikan warnanya, pilihlah warna yang terlihat masih cerah, alias tidak kusam. Jangan pilih sayuran hijau yang sudah menguning dan layu.
  2. Untuk sayuran berbentuk daun, perhatikan bentuknya, dalam artian bentuk disini adalah dengan melihat tekstur dan kesempurnaan fisik, pilihlah sayuran yang tidak robek dan kusut. Namun, jika sayuran tersebut cacat karena termakan ulat, maka hal tersebut tidak jadi masalah karena diyakini sayuran tersebut tidak mengandung pestisida yang berlebihan.Sedangkan untuk umbi-umbian maka yang perlu anda perhatikan adalah teksturnya yang masih keras atau tidak gembur atau lonyot.Pilihlah umbi-umbian yang masih kesat atau tidak berlendir.
  3. jika memungkinkan, pilih sayuran hidroponik. Cirinya, memiliki akar yang panjang. Pada umumnya tanaman ini dipelihara dalam rumah kaca tertutup sehingga jarang terserang hama, yang berarti akan sanagt kecil kemungkinan dalam penggunaan pestisida.
  4. Perhatikan secara cermat, jangan pilih sayuran dengan bercak putih, karena dimungkinkan bercak tersebut adalah bekas penyemprotan pestisida yang sudah mengering dan menempel pada sayuran.

Untuk memilih buah yang baik sebenarnya hampir sama dengan memilih sayur ;

  1. Pilihlah buah yang masih segar dan terlihat tidak layu.
  2. Hindari memilih buah yang mengkilat pada kulitnya (buah import) karena kemungkinan besar buah tersebut sudah terlapisi oleh lilin yang sangat tipis, biasanya ada di buah apel.
  3. Pilihlah buah yang sudah masak pohon, alias tidak masak karena dipacu setelah buah dipetik dari pohon (dikarbit).
  4. Belilah buah saat sedang musimnya, selain harga terjangkau juga tentunya anda akan leluasa memilih buat terbaik karena jumlahnya yang melimpah dipasaran.
  5. Hindari membeli buah dan sayur di tempat-tempat wisata, karena pada umumnya mereka melakukan praktek jual beli yang tidak sehat.
Semoga tips dari maheswari catering jogja ini dapat menjadi perhatian dalam memilih buah dan sayur yang akan kita konsumsi, dan yang tak kalah penting adalah ; usahakan anda membeli sayur dan buah ditempat biasa anda membelinya atau dengan cara berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar