Jumat, 12 Juni 2015

5 Tips Agar Masakan Tidak Cepat Basi

Terkadang setelah kita memakan sesuatu pasti akan ada beberapa jenis makanan yang tidak habis dimakan. Lalu satu-satunya pilihan terbaik adalah dengan cara menyimpannya di kulkas. Namun kadang-kadang meskipun sudah disimpan di kulkas tetap saja makanan tersebut tidak bisa bertahan lama dan akhirnya basi. (baca juga:Makanan yang Gak Boleh Disimpan dalam Kulkas)

Makanan yang disimpan di kulkas kemudian cepat rusak ini terjadi akibat kesalahan penyimpanan. Penyimpanan makanan memang memiliki trik dan tips tersendiri. Selain pilihan menyimpan makanan di kulkas, ada beberapa pilihan lainnya yang bisa dilakukan agar makanan tidak cepat basi. Di bawah ini adalah tips menyimpan makanan di kulkas dan juga cara lainnya agar makanan tidak cepat basi.

Jangan Isi Kulkas Terlalu Penuh

Agar makanan tetap dingin di kulkas, sediakan cukup ruang untuk sirkulasi udara. Saat membekukan makanan, usahakan jangan menumpuknya dengan makanan lain. Jika memang sudah tidak ada ruang lagi, kamu bisa menumpuknya setelah makanan tersebut beku.

Menutup Makanan dengan Rapat

Saat menyimpan makanan di dalam kulkas maupun di luar kulkas, pastikan makanan tersebut tertutup dengan rapat. Jika perlu da nada, masukan makanan yang ingin disimpan ke dalam wadah yang kedap udara. Wadah kedap udara yang baik adalah wadah yang memiliki tutup yang rapat dan lapisan yang tebal. Cara ini efektif untuk membuat makanan tidak cepat basi dan tahan lama.

Jangan Gunakan Jari atau Telapak Tangan untuk Mencicipi Makanan

Jangan melakukan hal ini karena tindakan ini dapat membuat makanan terkontaminasi dengan bakteri. Terlebih jika tangan dipenuhi bakteri karena tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Makanan yang sudah tersentuh oleh banyak jari biasanya akan mudah basi bahkan busuk. Apalagi jika makanan tersebut adalah makanan yang memiliki kandungan kadar air yang banyak.

Cuci Bersih Makanan Sebelum Disimpan

Beberapa bahan makanan mentah seperti daging-dagingan dan telur wajib dicuci dulu sebelum disimpan ke dalam kulkas. Telur memang memiliki cangkang yang akan melindungi isi telur dari kebusukan. Namun di dalam lapisan cangkang telur terdapat banyak bakteri yang bisa membahayakan tubuh.

Makanan yang Sudah Tersimpan di Dalam Kulkas Harus Dihangatkan Terlebih Dahulu

Makanan yang sudah disimpan di dalam kulkas jika ingin dikonsumsi kembali harus dihangatkan terlebih dahulu. Karena saat makanan sudah ada di luar dan terkena udara, makanan akan kembali cepat busuk. Hal ini akan ditunjukan dengan rasa dan warna makanan yang berubah saat akan dikonsumsi. Jadi, sebaiknya hangatkan makanan terlebih dahulu selama beberapa menit agar makanan tidak berubah basi dan tetap aman dikonsumsi bagi tubuh kita.

Sumber : https://www.lintas.me/woman/recipes/editor/5-tips-agar-masakan-tidak-cepat-basi
.

0 komentar:

Posting Komentar